Microwave, Sebuah Ketidaksengajaan!

Sebuah ketidaksengajaan, memang kadang-kadang justru menguntungkan. Berbagai penemuan penting di dunia ini banyak pula yang diawali dari ketidaksengajaan itu. Salah satu penemuan karena ketidaksengajaan adalah microwave. Oven bertenaga listrik yang kini sangat populer untuk memudahkan memasak dalam suhu yang bisa diatur-atur itu ternyata ditemukan secara kebetulan.

Kisah penemuan itu berawal dari coklat yang ada di kantong seorang penemu bernama Percy Spenser. Ia adalah seorang inovator yang bekerja di lembaga pertahanan Raytheon yang telah mempunyai sekitar 120 hak paten atas penemuan-penemuannya. Kala itu, sekitar tahun 1945, Spencer sedang meneliti bagaimana meningkatkan kemampuan radar yang ada di lembaga pertahanan itu. Saat itu, ketika ia berjalan melewati sebuah radiator yang sedang bekerja, coklat dicelananya meleleh.

Mendapati peristiwa itu, otak Spencer yang memang dikenal encer segera berputar bagaimana memanfaatkan fenomena itu. Maka, ia pun kemudian melakukan sejumlah eksperimen. Dan akhirnya, inovasi karena ketidaksengajaan itu, lahirlah microwave yang pertama kali di dunia.

Tahukah Anda berapa beratnya ??? sekitar 400 kilogram !! Alat ini kemudian dimanfaatkan untuk keperluan pesawat, dan kapal untuk mempercepat menghangatkan makanan. Tentu, setelah sekian lama, dengan berbagai eksperimen, bentuk dan besar microwave terus mengalami perubahan hingga bisa digunakan di rumah tangga seperti sekarang.(android/facebook)

Sobat... Kadang kita akan mengalami sesuatu yang tidak sengaja malah akan menjadi hal yang luar biasa jika kita tekuni. So, cobalah hal-hal yang baru setiap hari. Siapa tahu yang kamu kerjakan adalah sesuatu yang akan menjadi inovasi dimasa depan. Tetaplah semangat dan jangan menyerah.

1 comments:



Welly said...

Nemu artikel termasuk sebuah ketidaksengajaan juga ya ben?

Post a Comment