Bertanggung jawab dan inisiatif

Setiap hari pastinya kita akan diperhadapkan dengan tugas dan pekerjaan.
Dimanapun dan kapanpun, tugas yang sudah dipercayakan kepada kita, seharusnya kita kerjakan dengan sebaik-baiknya. Karena mengerjakan tugas dan pekerjaan merupakan tanggung jawab kita.

Memang menyelesaikan tugas dan pekerjaan, itu sudah baik. Namun banyak orang berpikir bahwa tanggung jawab hanya berhenti ketika kita sudah mengerjakan apa yang menjadi tugas kita.

Inisiatif adalah melakukan hal yang benar tanpa diperintah (John C. Maxwell). Kalau dibandingkan dengan pernyataan tentang tanggung jawab, Inisiatif sangat berbeda dengan menyelesaikan tugas.

Inisiatif tidak hanya berhenti ketika tugas kita selesai, namun ia akan melakukan sesuatu yang benar meskipun tidak ada perintah. Jadi orang inisiatif adalah orang yang selalu kreatif, karena inisiatif memicu semangat kita untuk mengerjakan lebih dari sekedar menyelesaikan tugas.

Dalam dunia kerja, tidak sulit untuk menemukan orang-orang yang bertanggung jawab, orang-orang yang mengerjakan tugasnya dengan baik. Namun untuk menemukan orang-orang punya inisiatif, masih jarang ditemukan. Hal ini terjadi Karena sebagian besar kita berpikir, sudah cukup mengerjakan tugasnya saja.

Sobat... termasuk seperti apa kita sekarang ini. Sudahkah kita termasuk orang yang bertanggung jawab dengan tugas kita? Sudahkah kita menjadi orang yang punya inisiatif? Jangan berhenti hanya pada menyelesaikan tugas, tapi berusahalah untuk mempunyai inisiatif. Tetaplah semangat dan jangan menyerah.

1 comments:



diary si tukang gowes said...

Selamat pagi mas Beni. Perkenalkan, saya Brillianto (Brill). Saya suka sekali membaca tulisan2 di blog mas. Apakah saya bisa sharing ke teman2 saya yang lain? Mohon izin ya mas.

Alamat e-mail saya: bkjn21@yahoo.com

Terima kasih,
Brillianto

Post a Comment