Memperhatikan dan Mempedulikan

Dua kata yang serupa tetapi mempunyai arti yang sangat berbeda. mengapa demikian? Berikut ini ada ilustrasi yang akan membantu kamu untuk mengerti hal ini.

Pada masa kekeringan yang sangat lama, ada sebuah keluarga yang mengalami kelaparan. Keluarga ini adalah seorang janda yang mempunyai sorang anak perempuan yang masih berumur 12 tahun. Dan mereka sudah 4 hari tidak makan, karena sudah tidak mempunyai makanan lagi. Ibunya memutuskan meninggalkan anaknya didalam rumah karena tidak tega melihat anaknya menderita.

Satu hari ada dua wartawan yang dikirim untuk meliput keadaan ditempat itu. Wartawan yang pertama bertemu dengan janda tadi. Dia sudah terlihat pucat, lemas dan sudah skarat. Wartawan ini memperhatikan janda itu, dan langsung mengambil kameranya. Dia mengambil beberapa foto yang menggambarkan betapa menderitanya janda itu. Karena wartawan ini sangat ingin mendapatkan berita yang bagus terus berada disamping janda itu dan terus memperhatikan janda itu. Sesekali dia mengambil gambar ketika dilihatnya janda itu berubah posisi duduknya dan beberapa jam kemudian, janda itu akhirnya meninggal. Wartawan yang pertama ini mendapatkan gambar-gambar yang spektakuler untuk berita yang dia dia liput nantinya.

Sementara itu wartawan yang kedua bertemu dengan anak perempuan janda tadi. Wartawan yang kedua mempunyai sikap yang berbeda ketika melihat anak yang kelaparan itu.

Dia sangat mempedulikan anak itu, sehingga dia mau membagi perbekalan makanannya.

Sampai akhirnya dia memutuskan untuk menjual kameranya untuk dapat membeli makanan dan membawa pulang anak itu kenegara asalnya.Wartawan yang kedua tidak mendapatkan berita untuk diliput tetapi dia malah menjual kameranya.

Dua wartawan yang berbeda dalam memandang sesuatu. Wartawan yang pertama mempunyai sikap yang memperhatikan, sehingga di dapat mengambil gambar yang spektakuler dengan kameranya. Tetapi wartawan yang kedua mempunyai sikap yang mempedulikan, sehingga dia rela menjual kameranya untuk menyelamatkan anak perempuan yang kelaparan itu.

Kehidupan memang selalu memberikan keadaan untuk kita hadapi, tapi dalam menyikapi segala sesuatu itulah yang terpenting bagi hidup kita. Ketika menghadapi sesuatu jangan hanya memperhatikan, tapi belajarlah mempedulikan sesuatu itu.

Diluar sana ada banyak sekali orang yang kelaparan dalam arti yang lain. Ada yang lapar akan kasih karena orang tua yang tidak memberi kasih sayang. Ada yang lapar akan perhatian karena tidak ada yang mau mendengarnya. Ada juga yang lapar akan nasehat karena tidak ada orang yang member nasehat kepadanya.

Itulah kenyataan yang ada di dunia ini, sekarang bagaimana kamu akan menyikapi hal itu. Mau memperhatikan atau mempedulikan mereka?

Sobat… Ambilah keputusan yang benar. Tetaplah semangat dan jangan menyerah

0 comments:



Post a Comment