Menjadi diri sendiri

Menjadi diri sendiri. Mungkin kita akan berpikir, kita semua sudah menjadi diri sendiri, karena kita punya hidup sendiri dan mempunyai kebebasan untuk menentukan keputusan dalam hidup kita sendiri. Namun pada kenyataannya banyak diantara kita belum bisa menjadi diri sendiri. Berikut ini ada 2 macam hidup yang bukan menjadi diri sendiri :

1. Hidup dengan keinginan orang lain.
Beberapa orang tua mempunyai keinginan tertentu terhadap anaknya, dan tidak jarang mereka memaksakan keinginan itu. Hal ini seringkali menjadikan anak itu hidup dengan keinginan orangtuanya. Memang sebagian besar keinginan orangtua itu baik untuk anaknya, tapi tidak semua keinginan orang tua itu yang terbaik
untuk anaknya.
Contoh yang lain adalah orang yang hidup dengan keinginan teman-temannya. Ketika dalam pergaulan hal ini sering terjadi. Karena teman-temannya merokok dan mengajaknya akhirnya dia ikut merokok. Karena teman-temannya free sex dan dia diajak akhirnya dia ikut juga. Semua itu dilakukan hanya karena dia butuh penerimaan dari teman-temannya. Sehingga dia mau hidup dengan keinginan orang lain asalkan dia bisa diterima oleh teman-temannya.
Orang yang seperti ini cenderung akan hidup dengan hanya untuk menyenangkan orang lain tanp
a memikirkan dirinya sendiri. Dalam jiwanya akan terus-menerus tertekan ketika dia tidak bisa menuruti keinginan orang lain.

2. Hidup dengan meniru orang lain.
Memang ada yang bisa kita tiru dari orang lain. Contohnya adalah teladan hidup yang baik seperti kegigihan, nilai-nilai hidup, kepemimpinan atau karakternya.
Namun dijaman
sekarang ini justru yang menjadi trend adalah meniru hal-hal yang aneh dari orang lain. Ada sangat banyak idola yang sering menjadi sosok yang ditiru oleh manusia. Mulai dari gaya berpakaian sampai gaya bicara seorang artis, semuanya bisa ditiru. Dan banyak diantara kita tanpa sadar hidup dengan hidp meniru orang lain. Tapi jika kita hidup dengan meniru orang lain sama seperti hidup dengan topeng.
Orang yang seperti ini cenderung akan menjadi orang yang stress ketika tidak bisa menjadi
seperti orang yang ditiru. Namun jika dia bisa menjadi seperti orang yang ditiru dia akan meninggalkan jatidirinya sendiri.


Hidup menjadi diri sendiri merupakan keputusan, oleh sebab itu buat keputusan sekarang juga. Menjadi diri sendiri artinya hidup dengan tidak terpengaruh oleh orang lain, sehingga hidup itu bisa maksimal sesuai dengan potensi yang dipunyainya.

Sobat... coba renungkan sejenak hidupmu. Apakah tanpa kita sadari kita belum menjadi siri sendiri? Apakah kita sering hidup meniru orang lain atau kita hidup dengan keinginan orang lain? Jika ya, ambillah keputusan untuk berubah sekarang juga. Kamu bisa menjadi sendiri, dan ketika kamu bisa menjadi dirimu sendiri hidupmu akan maksimal. Tetaplah semangat dan jangan menyerah.

0 comments:



Post a Comment