Tujuan itu penting

"Dalam pertandingan marathon, seorang atlet akan berjuang untuk meraih kemenangan. Dan kemenangan itu hanya akan diraih ketika dia bisa menjadi yang pertama mencapai garis finish"

Sepintas kalimat ini menjelaskan begitu mudahnya untuk meraih kemenangan. Namun pada kenyataannya untuk meraih kemenangan ada perjuangan yang harus dilewati.

Beberapa hari yang lalu, saya menulis tentang "mau kemana hidupmu nanti?" dan hari ini saya akan melanjutkan tentang pentingnya tujuan. Apa saja yang akan kita dapat, ketika kita mempunyai tujuan yang jelas, akan dibahas dalam artikel ini.

Seperti halnya seorang atlet marathon yang mempunyai tujuan yang jelas yaitu garis finish, demikian juga setiap orang harus menentukan terlebih dahulu kemana tujuannya. Karena dalam satu tujuan kita akan mendapat tiga hal sekaligus yaitu :

1. Tanggung Jawab
Atlet marathon tidak akan bisa menjadi pemenang kalau tidak mempunyai tujuan. Untuk mencapai tujuan itu ada tanggung jawab yang harus dia jalani. Ada displin yang harus dijalani dalam hari-hari persiapan dan latihannya, bahkan ada tanggung jawab untuk menjaga makanan dan waktu istirahat agar tetap dalam kondisi sehat. itu merupakan tanggungjawabnya dalam masa persiapannya.
Tanggung jawab yang kedua adalah tanggung jawab selama pertandingan, yaitu dia harus mentaati peraturan pertandingan yang berlaku. Selain itu,atlet juga bertanggung jawab untuk berlari sampai mencapai garis finish.
Jadi dengan tujuan yang jelas, kita akan mendapatkan tanggung jawab untuk mempersiapkan dan menjalani proses perjalanannya sampai pada tujuannya.

2. Resiko
Dalam sebuah tujuan selalu ada resiko yang harus kita hadapi. Seorang atlet tidak akan dapat meraih tujuannya dengan mulus tanpa resiko. Dalam masa latihannya dia mempunyai resiko jatuh, kesleo, luka atau kesehatan terganggu. Sementara dalam pertandingannya, atlet juga mempunyai resiko yang lain, namun karena atlet itu mempunyai tujuan yang jelas, dia akan hadapi resiko itu untuk meraih kemenangan.
Pada dasarnya RESIKO AKAN ADA DIMANAPUN KITA BERADA, yang harus kita lakukan adalah mengantisipasi agar memperkecil kemungkinan resiko itu terjadi.

3. Hasil yang dicapai.
Dengan tujuan yang jelas, kita akan dapat mengukur hasil dengan jelas. Dalam pertandingan marathon tidak semua peserta, akan menjadi pemenang, tapi akan ada satu orang saja yang akan menjadi pemenang.Seorang atlet, yang sudah berlatih dengan baik dan mempersiapkan kondisi kesehatan dengan baik tentunyha akan mendapat peluang yang besa untuk jadi pemenang. Lain halnya jika atlet itu tidak mempersiapkan dengan baik. maka peluang untuk menang jika akan semakin kecil. Hasil yang akan dicapai akan sangat bergantung pada tanggung jawab kita untuk mempersiapkan dan melakukan segala sesuatunya untuk mencapai tujuan.
Dalam satu tujuan kita akan mendapatkan tiga sekaligus, yaitu tanggungjawab, resiko dan hasil yang akan dicapai. Jangan takut menghadapi tanggung jawab dan resiko, karena didepan sana ada hasil sedang menunggumu. Jadi lakukanlah tanggungjawabmu, hadapi resikonya dan raih hasilnya dengan maksimal.

Sobat.., apakah kamu sedang menghadapi tanggung jawab dan resiko yang besar dalam meraih tujuanmu? Tetaplah semangat dan jangan menyerah.

0 comments:



Post a Comment